Cerita Sopir Truk: Kecopetan, 5 Bulan Tidak Pulang ke Rumah

Sabtu, 30 Mar 2024 08:41 WIB
SHARE

Jakarta – Profesi yang tak jarang dianggap sebelah mata padahal perannya menjadi ujung tombak perputaran roda ekonomi, yakni sopir truk. Namun tak cuma kemampuan saja yang harus dimiliki, sopir truk juga harus punya mental yang kuat.
Satrio Rofiq, laki-laki Banjarnegara yang sudah menjadi sopir truk selama 20 tahun. Rofiq mengatakan selama menjalani profesinya sebagai sopir logistik lebih banyak menghabiskan waktu di jalan demi mencari nafkah.

“Istri, anak Banjarnegara, paling jarang (pulang ke rumah). Sudah saat ini sudah hampir 5 bulan tidak ketemu,” kata Rofiq saat acara buka bersama dengan Isuzu di Jakarta Selatan, Jumat (22/3/2024).

Rofiq bilang rute yang diambilnya menempuh ke pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Ada target waktu yang dia kejar dari perusahaan. Dia bilang bisa bertemu keluarga saat menerima pesanan ke wilayah Banyumas.

“Rutenya kemarin dari Depok ke Jambi, terus ganti lagi dari Depok ke Makassar, sekarang ini yang belum lama ini saya bisa pulang, itu rutenya dari Depok ke Banyumas,” kata dia.

Salah satu pengalaman buruknya ialah dipalak di daerah Sumatera. Rofiq bilang juga pernah mengalami pencurian ketika berada di kapal.

“Kecopetan sering, belum lama ini saya nyebrang dari Sumatera ke pulau Jawa, karena sudah saking capeknya, dompet, hp dokumen saya taruh di dasboard, semua hilang,” kata Rofiq.

Rofiq berharap bisa berlebaran dengan keluarga tahun ini.

“Tahun kemarin nggak (pulang ke kampung), semoga tahun ini bisa,” kata Rofiq.

Isuzu gelar mudik gratis buat sopir

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) meluncurkan program #DitemaniYangSejalan yang didedikasikan untuk para pengemudi yang menjadi salah satu ujung tombak Isuzu di jalanan. Melalui program ini, Isuzu memberikan kesempatan bagi 50 keluarga pengemudi yang beruntung untuk menikmati pengalaman mudik gratis yang berbeda sebagai bentuk apresiasi kepada para pengemudi kendaraan komersial seperti pickup, microbus dan truk.

Isuzu akan memilih 50 pengemudi pickup, microbus dan truk untuk bisa pulang kampung bersama keluarga ke 5 kota tujuan yakni Solo, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Palembang yang akan diberangkatkan pada 3 April mendatang.

Sebelum berangkat, para pengemudi bersama keluarga bisa menikmati potong rambut gratis, sesi foto keluarga yang hasilnya bisa langsung dibawa pulang, workshop, hingga permainan seru berhadiah seperti THR total hingga Rp. 50 juta, sembako, serta berbagai merchandise menarik.

“Kami mengajak seluruh pengemudi kendaraan komersial Isuzu untuk berpartisipasi di program mudik gratis tahun ini. Dengan #DitemaniYangSejalan, diharapkan momen mudik kali ini tidak hanya sekedar perjalanan tapi menjadi sebuah kenangan yang menyenangkan yang tidak terlupakan bagi para pengemudi terpilih beserta keluarga tercinta,” tutup President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Yusak Kristian.

Sumber : https://oto.detik.com/berita/d-7258314/cerita-sopir-truk-kecopetan-5-bulan-tidak-pulang-ke-rumah