3 Fakta Makassar New Port, Pelabuhan Besar yang Diresmikan Jokowi

Sabtu, 24 Feb 2024 01:12 WIB
SHARE

Jakarta – Pelabuhan Makassar New Port (MNP) menjadi salah satu pelabuhan besar yang diresmikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelabuhan itu diresmikan pada Kamis 22 Februari 2024.
Jokowi bilang ini merupakan pelabuhan kedua terbesar setelah Pelabuhan Internasional Tanjung Priok di Jakarta.

Berikut 3 Fakta Makassar New Port:

1. Bisa Disandari Kapal Besar
Pelabuhan ini memiliki spesifikasi yang cocok untuk disandarkan kapal-kapal besar pengangkut kontainer. Ke dalamnya saja mencapai 16 meter.

“Makassar New Port ini, adalah terbesar setelah Tanjung Priok. Ke dalamnya 16 meter, termasuk pelabuhan terdalam yang sangat baik untuk bersandarnya kapal besar yang angkut kontainer,” beber Jokowi saat memberikan sambutan peresmian pelabuhan, dilihat secara virtual dari saluran YouTube Pelindo, Kamis (22/2/2024).

Jokowi menyebutkan pelabuhan baru ini memiliki kapasitas hingga 2,5 juta TEUS. Jauh lebih besar daripada pelabuhan lama di Makassar yang kapasitasnya cuma 750 ribu TEUS per tahun.

2. Investasi Rp 5,4 T
Investasi untuk membangun pelabuhan ini mencapai Rp 5,4 triliun. Jokowi berharap agar pelabuhan ini menjadi penghubung atau hub besar logistik di Indonesia bagian timur.

“Investasi yang ditanam di sini Rp 5,4 triliun, itu duit semua. Gede sekali, Rp 5,4 T. Kita lihat nanti bagaimana progres perkembangan pelabuhan ini, ini akan jadi pelabuhan besar di Indonesia timur dan diharapkan bisa efisiensikan biaya logistik yang ada di tanah air kita,” papar Jokowi.

3. Punya Akses Tol
Pelabuhan ini juga dilengkapi dengan akses jalan tol. Di hari yang sama, Jokowi juga meresmikan jalan tol akses ke Makassar New Port. Jalan tol itu dibangun sepanjang 3,2 kilometer (km).

“Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, alhamdulilah rampung. Kamis 22 Februari 2024, saya resmikan jalan yang memiliki total panjang 3,2 km tersebut,” beber Jokowi dalam unggahan Instagram @jokowi.

Jokowi menyatakan jalan tol ini akan memudahkan akses kendaraan barang di Pelabuhan Makassar New Port. Dengan begitu waktu tempuh peti kemas di pelabuhan yang diklaim terbesar kedua dari Tanjung Priok itu bakal lebih cepat.

“Ini meningkatkan konektivitas Pelabuhan MNP dengan jalan tol yang ada di Makassar, sehingga waktu tempuh transportasi peti kemas menuju dan dari pelabuhan dapat menjadi lebih cepat dari sebelumnya,” sebut Jokowi.

Sumber : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-7207423/3-fakta-makassar-new-port-pelabuhan-besar-yang-diresmikan-jokowi