Luhut Target Pembangunan IKN Capai 80% Jelang HUT RI, Tol-Bandara Jadi Atensi

Senin, 13 May 2024 10:09 WIB
SHARE

Penajam Paser Utara – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) mencapai 80 persen pada HUT ke-79 RI. Sektor infrastruktur dasar seperti tol dan bandara VVIP menjadi atensi untuk diprioritaskan rampung.
“Kita berharap 17 Agustus upacara akan bisa dilakukan di sini, masih ada sedikit-sedikit yang kurang bagus, tapi saya kira itu masalah proses, 80 persen sudah bisa selesai sampai tanggal 17 Agustus,” kata Luhut saat meninjau kawasan IKN pada Selasa (7/5).

Dalam kunjungannya, Luhut melihat langsung progres pembangunan dan persiapan HUT ke-79 RI di IKN khususnya infrastruktur transportasi. Luhut yakin bandara di IKN bisa digunakan meski belum sepenuhnya rampung.

“Airport akan bisa didarati dan bisa mengakomodasi 3 pesawat untuk sampai tanggal 17 Agustus, tapi untuk selesai kira-kira 1 tahun lagi selesai,” katanya.

Sementara itu, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan infrastruktur transportasi memang menjadi prioritas. Hal ini karena dapat mempercepat dan mempersingkat waktu tempuh.

“Akses logistik, seperti jalan tol, pesawat dengan membangun bandara, jembatan, menjadi hal utama dalam pembangunan, karena ini akan mempercepat mobilisasi dan efisiensi waktu, terlebih target awal kita adalah 17 Agustus,” kata Bambang.

Terpisah, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono menyebut pembangunan IKN yang masif menimbulkan iklim investasi yang positif. Khususnya, karena konsistensi pemerintah dan benefit yang diterima para investor.

“Kami yakin dengan melihat progres pembangunan IKN yang sangat signifikan ini dapat menarik minat investor, selain karena konsistensi pemerintah, juga soal benefit investasi di IKN,” tutur Agung.

Selain itu, kata dia, peran Menko Marves juga dinilai cukup penting dalam menyelesaikan permasalahan lahan di IKN. Apalagi, selaras dengan tetap menjunjung tinggi hak masyarakat dan investasi berkelanjutan.

“Kami berterima kasih atas peran Menko Marves dalam mengkoordinasi penyelesaian masalah yang terkait dengan lahan di IKN. Salah satu faktor pendukung suksesnya investasi di IKN adalah lahan yang clean and clear dan menghargai hak-hak masyarakat sehingga kelancaran investasi akan berkelanjutan,” imbuh Agung.

Sumber : https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7331133/luhut-target-pembangunan-ikn-capai-80-jelang-hut-ri-tol-bandara-jadi-atensi