Kemenhub Lirik Pattiro Bajo Bone Jadi Pelabuhan Tol Kapal Laut

Sabtu, 16 Mar 2024 09:19 WIB
SHARE

Bone – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melirik Pelabuhan Pattiro Bajo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), menjadi bagian pelabuhan tol kapal laut. Pelabuhan itu diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal dan memperkuat infrastruktur transportasi nasional.
“Pelabuhan Pattiro Bajo yang terletak di Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone telah dipilih sebagai titik awal yang strategis untuk menghubungkan ke Pelabuhan Tol Kapal Laut. Keputusan ini telah dipastikan setelah tim dari Direktorat Jenderal Perhubungan Kementerian Perhubungan melakukan survei kelayakan,” ujar Kadishub Sulsel Andi Erwin Terwo Pabokori dalam keterangannya, Minggu (11/3/2024).

Andi Erwin mengatakan tim Kemenhub pun turun melakukan survei di Pelabuhan Pattiro Bajo Bone pada Jumat (8/3). Andi Erwin mengatakan kunjungan ke Pelabuhan Pattiro Bajo untuk mengevaluasi infrastruktur dan kelayakan operasionalnya.

“Pengembangan Pelabuhan Pattiro Bajo sebagai pintu gerbang menuju Pelabuhan Tol Kapal Laut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat infrastruktur transportasi laut di Sulsel. Pelabuhan Pattiro Bajo memiliki potensi besar sebagai sarana pengangkutan logistik dari pulau ke pulau,” katanya.

Erwin menjelaskan, saat survei tersebut ditemukan bahwa Pattiro Bajo memiliki kedalaman laut yang memadai, khususnya saat air surut antara 7 hingga 9 meter. Selain itu, kondisi sisi lautnya sangat mendukung untuk operasional tol kapal laut, serta dermaga dan tempat penampungan yang masih layak.

Dia menambahkan, rencana pengembangan Pattiro Bajo sudah memasuki tahap lanjutan, termasuk desain engineering detail, analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), serta rencana induk pelabuhan. Sedangkan akses jalan menuju pelabuhan telah mendukung, serta kesiapan kantor dan infrastruktur lainnya.

“Bahkan, sudah ada minat dari beberapa pihak swasta seperti Djarum dan Wings untuk terlibat dalam proyek ini yang merupakan hasil dari pemikiran Pj Gubernur Sulsel. Jika proyek ini terealisasi, akan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi Kabupaten Bone,” jelasnya.

Sumber : https://www.detik.com/sulsel/watampone/d-7236290/kemenhub-lirik-pattiro-bajo-bone-jadi-pelabuhan-tol-kapal-laut