Jokowi Resmikan 5 Ruas Jalan Senilai Rp 211,8 Miliar di NTB

Sabtu, 04 May 2024 01:14 WIB
SHARE

Lombok Barat – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan lima ruas jalan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Peresmian jalan itu dilakukan di Jalan Lembar-Gili Mas di Kecamatan Lembar, Lombok Barat, NTB, Kamis (2/5/2024).
Menurut Jokowi, total anggaran perbaikan dan pembangunan lima ruas jalan di NTB mencapai Rp 211,84 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk memperbaiki dan membangun jalan yang memiliki panjang total 40,63 kilometer (km) itu.

“Ini anggaran yang tidak kecil,” kata Jokowi sebelum peresmian, Kamis pagi.

Jokowi didampingi oleh sejumlah pejabat, antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan sebanyak lima ruas jalan di empat kabupaten/kota di Provinsi NTB telah dibangun dan diperbaiki pada 2023.

“Ada di Lombok Barat, Sumbawa Barat, Sumbawa, dan ada di Bima,” imbuh presiden dua periode yang diusung oleh PDI Perjuangan itu.

Adapun kelima ruas jalan yang dimaksud Jokowi, terdiri dari Jalan Lembar-Sekotong-Pelangan atau Segmen Lembar-Gili Mas (Lombok Barat), Jalan Polamata-Jelanga (Sumbawa Barat), Jalan Sabedo Dalam-Bukit Planing dan Jalan Jenangguar-Teladan (Sumbawa), serta Jalan Wilamaci-Karumbu-Sape (Bima).

Jokowi berharap perbaikan lima titik jalan tersebut dapat mempermudah pergerakan logistik di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. “Baik ke kawasan pertanian, kawasan perkebunan, semuanya bisa ditunjang oleh jalan yang baik,” pungkas bekas gubernur DKI Jakarta itu.

Pantauan detikBali, Jokowi terlihat membagikan baju bergambar wajahnya kepada warga seusai meresmikan jalan tersebut. Warga pun rela saling dorong demi kebagian baju dari Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan kerja (kunker) di NTB selama tiga hari, sejak Selasa (30/4/2024) hingga Kamis (2/5/2024). Jokowi akan melakukan beberapa agenda, seperti bermain bola bersama warga serta mengunjungi pasar.

Di Mataram, Lombok, Jokowi sempat bersepeda dan makan malam di Epicentrum Mall Mataram pada Rabu. Jokowi juga dijadwalkan akan menyaksikan panen raya jagung di kawasan Samota, Sumbawa, Kamis.

Sumber : https://www.detik.com/bali/nusra/d-7320468/jokowi-resmikan-5-ruas-jalan-senilai-rp-211-8-miliar-di-ntb