Jelang Dibuka Usai Nyepi, Pelabuhan Ketapang Dipadati Kendaraan Logistik

Sabtu, 16 Mar 2024 09:17 WIB
SHARE

Banyuwangi – Antrean kendaraan tampak memadati Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Kondisi ini terjadi sejak pukul 01.00 WIB dini hari jelang beroperasinya lagi penyeberangan Ketapang-Gilimanuk dan Ketapang-Lembar setelah Hari Raya Nyepi.
Mayoritas yang antre di Ketapang didominasi kendaraan logistik. Ratusan kendaraan itu rela mengantre sejak Minggu (10/3) malam. Truk-truk yang mengangkut logistik yang sebelumnya menunggu di kantong-kantong parkir terlihat tidak sabar untuk segera menyeberang ke Gilimanuk.

Salah satu sopir truk yang menunggu antrean adalah Afif. Dia yang menunggu sejak Minggu malam baru bisa masuk area parkir Terminal Sritanjung baru bisa masuk ke Pelabuhan Ketapang dini hari tadi.

“Masih menunggu di pelabuhan sekarang, antre belum buka,” kata Afif, Selasa (12/3/2024) dini hari.

Sementara Dytha Surendra, supir truk yang membawa muatan kebutuhan pokok pun mengaku mendapatkan informasi bahwa Pelabuhan baru akan dioperasikan pada pukul 06.00 WIB.

“Masih antre, katanya baru buka jam 6 nanti. Katanya jam 4 kok molor, ini nggak tahu,” ungkap Dytha.

Sementara itu, Kanit Turjawali Polresta Banyuwangi Iptu Budi Mujiono menerangkan, pengoperasian penyebrangan tentu sudah dipertimbangkan oleh otoritas pelabuhan. Sementara untuk hasil koordinasi penyeberangan di Ketapang menunggu kesiapan pelabuhan Gilimanuk.

“Pelabuhan Gilimanuk akan mulai mengoperasikan penyeberangan pukul 05.00 WITA dan dari sini diperkirakan akan berangkat setelah Gilimanuk siap,” ungkap Budi.

Kepadatan yang terjadi di pelabuhan mengakibatkan kendaraan mengular hingga pintu masuk pelabuhan. Sat Lantas Polresta Banyuwangi mengimbau agar masyarakat menunda perjalanan ke Bali via Ketapang.

“Kalau dari luar pelabuhan saat ini belum di Banyuwangi, harap bersabar dulu jangan masuk Banyuwangi,” imbauannya.

“Yang sudah dimdalam pelabuhan harap bersabar karena kesepakatan awal pelabuhan dibuka pukul 5 pagi,” imbuh Budi.

Polresta Banyuwangi juga melakukan rekayasa lalu lintas untuk memastikan kelancaran arus di sekitar pelabuhan. Dari arah kota, kendaraan yang menuju Pelabuhan Ketapang yang tiba di simpang 3 SPBU Farly diarahkan berbelok ke kiri melalui Jalan Lingkar.

Sumber : https://www.detik.com/jatim/berita/d-7237035/jelang-dibuka-usai-nyepi-pelabuhan-ketapang-dipadati-kendaraan-logistik