Organda Perak: Kalau Solar Habis Lagi, Kami Berhenti!

Sabtu, 09 Apr 2022 08:45 WIB
SHARE

Surabaya – Ketua Organda Tanjung Perak, Kodi Lamahayu angkat bicara terkait kelangkaan solar yang sempat terjadi di Surabaya dan sekitarnya pada awal pekan ini. Pihaknya mengatakan, jika solar kembali langka, penyedia jasa logistik akan berhenti bekerja.
“Kalau solar subsidi habis, kebanyakan pengusaha itu akan berhenti, tidak akan kerja lagi,” kata Kodi saat dihubungi detikJatim, Jumat (8/4/2022).

Kodi mengatakan, selisih harga Dexlite maupun Pertaminadex dengan solar subisdi hampir 2 kali lipat. Artinya, pihaknya atau penyedia jasa tidak akan mungkin beralih ke Pertaminadex atau Dexlite, meski solar subsidi habis.

“Enggak mungkin beralih, karena enggak akan mengatrol ongkos angkut, itu sudah bisa terhitung. Tentunya, kami akan berhenti jika solar itu kehabisan,” tandas dia.

Kodi mengungkapkan, saat kebijakan PPKM diberlakukan di awal pandemi COVID-19, faktor muat dari Organda menurun. Namun, kini sudah bergerak naik.

Pihaknya juga mengaku tak pernah menaikkan ongkos biaya angkut meski solar sempat langka. Sebab, harga solar tak pernah berubah.

“Jadi, enggak mungkin kami menaikkan ongkos angkut dan kami tidak akan menggunakan Dexlite atau Pertaminadex apabila solar subsidinya habis,” jelas Kodi.

Sebelumnya, Kodi tak menampik bila kelangkaan solar berimbas ke distribusi logistik. Namun, dirinya bersyukur karena kondisi itu tak berlangsung lama.

“Ternyata, Kamis (7/4) agak mendingan. Artinya, masih ada ketersedian, tapi kelangkaan 3 hari itu otomatis berimbas pada logistik karena menghambat bongkar muat kapal,” ujar dia.

Sumber : https://www.detik.com/jatim/bisnis/d-6023187/organda-perak-kalau-solar-habis-lagi-kami-berhenti