Erick Thohir Dukung Sinergi BUMN Kembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung

Sabtu, 15 Jan 2022 08:52 WIB
SHARE

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan dukungannya terhadap pengintegrasian kawasan pelabuhan dan kawasan industri yang didukung oleh kereta api dan juga produk-produk yang dimiliki BUMN maupun pihak swasta.¬†Menurutnya dengan sinergi yang dilakukan perusahaan BUMN dalam pengembangan berbagai kawasan akan menjadi¬†penyeimbang perekonomian Indonesia.
“Semua pihak bersinergi untuk membangun kawasannya masing-masing. Jadi, saya berharap, ekosistem yang sedang kita bangun sekarang dapat menjadi penyeimbang ekonomi Indonesia,” ujar Erick.

Hal itu dikatakan Erick terkait dengan kerja sama antara PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dengan PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai upaya pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung, pada Sabtu (8/1) lalu.

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Strategi Pelindo, Prasetyo, Direktur Utama Holding PTPN III, Mohammad Abdul Ghani dan Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo serta disaksikan secara langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Pelindo berupaya mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas yang ada di Terminal Multipurpose Kuala Tanjung dan kawasan industri pendukungnya melalui penandatangan Nota Kesepahaman tentang Rencana Kerja Sama Optimalisasi Fasilitas Terminal Multipurpose Kuala Tanjung, KEK Sei Mangkei dan Angkutan Barang Menggunakan Kereta Api di Pelabuhan Kuala Tanjung,” ujar Prasetyo.

Menteri BUMN Erick Thohir mendukung sinergi Pelindo, PTPN III, dan KAI dalam mengembangkan kawasan Pelabuhan Kuala Tanjung. (Arsip Pelindo).
Dia mengatakan, saat ini Pelindo, PTPN III, dan KAI bekerja sama untuk meraih potensi-potensi market di Selat Malaka guna mewujudkan Pelabuhan Kuala Tanjung menjadi Indonesia logistic dan supply chain hub.

Menurutnya, ruang lingkup kerja sama tersebut adalah optimalisasi pemanfaatan fasilitas pelabuhan dan sinkronisasi rencana pengembangan jalur kereta api dengan kluster industri.

Langkah tersebut, kata dia, diharapkan dapat menjadikan terminal multipurpose Kuala Tanjung sebagai pelabuhan muat dan atau pelabuhan tujuan dalam distribusi logistik, bahan baku, hasil produksi KEK Sei Mangkei dan hasil perkebunan PTPN Group dengan mengoptimalkan penggunaan kereta api milik KAI.

Adapun selain penandatanganan, juga dilakukan penyerahan bantuan satu unit ambulans dari Pelindu oleh Prasetyo kepada PMI Kota Medan yang disaksikan langsung Erick Thohir.

Penyerahan bantuan dilakukan dalam rangka merealisasikan program Pelindo Beramal dan penyerahan bantuan dana Program Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil oleh Regional Head 1, Aprilla Dwison kepada 10 Mitra Binaan unggulan Pelindo.

 

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220110182647-97-744875/erick-thohir-dukung-sinergi-bumn-kembangkan-pelabuhan-kuala-tanjung