Ekspedisi Adalah Pengiriman Barang, Ketahui Manfaat dan Bedanya dengan Logistik

Sabtu, 12 Nov 2022 11:57 WIB
SHARE

Liputan6.com, Jakarta Ekspedisi adalah kata yang memiliki arti yang cukup luas karena dapat terkait dengan konteks-konteks tertentu. Berdasarkan makna yang ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspedisi dapat terkait dengan proses pengiriman sesuatu, hukum, dan militer.

Dalam kaitannya dengan pengiriman barang atau surat, ekspedisi adalah perjalanan yang dilakukan dengan tujuan mengirimkan surat atau barang. Ini adalah praktik yang umum terutama dalam praktik kegiatan jual beli di era digital, di mana transaksi dapat dilakukan meski penjual dan pembeli terpisah jarak yang jauh, lalu produk akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi.

Pengiriman barang ini dilakukan oleh pihak ketiga yakni perusahaan jasa ekspedisi. lalu apa itu perusahaan jasa ekspedisi? Berikut pengertian jasa ekspedisi, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, kamis (10/11/2022).

Jasa ekspedisi adalah perusahaan yang produknya berupa layanan pengiriman barang dalam jumlah kecil. Adapun pengiriman barang ini dilakukan melalui jalur darat, laut, maupun udara. Adapun cakupan jangkau jasa ekspedisi bermacam-macam mulai dari antarkota dan daerah, antarpulau, bahkan internasional.

Secara garis besar, jasa ekspedisi adalah perusahaan yang bekerja dengan cara mengirimkan barang yang dimiliki pengguna jasa untuk ke alamat atau tempat tujuan. Perusahaan akan menarik ongkos yang bervariasi, tergantung dari jarak tempuh dan berat barang. Semakin jauh dan semakin berat barang yang dikirimkan, makan ongkosnya akan semakin mahal.

Selain berdasarkan jarak dan berat barang yang dikirim, jasa ekspedisi biasanya juga membedakan besaran ongkos pengiriman berdasarkan kecepatan pengiriman. Semakin barang cepat sampai, makan semakin mahal pula ongkos kirimnya. Karena alasan itulah, perusahaan jasa ekspedisi sering membedakan produk layanan mereka, misalnya saja seperti layanan ekonomi, reguler, dan layanan ekspres.

Jasa ekspedisi adalah adalah sebuah perusahaan yang menjual produk berupa layanan pengiriman barang ke alamat tujuan. Layanan ini tentunya memberikan manfaat, terutama dalam aktivitas ekonomi di era digital seperti sekarang ini. Adapun manfaat mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi adalah sebagai berikut:

  1. Hemat Waktu dan Biaya

Manfaat adanya jasa ekspedisi adalah hemat waktu dan biaya. Meski masih tujuan pengiriman barang masih dalam lingkup satu kota, mengirim sendiri barang tentu akan banyak menyita waktu, sementara waktu yang tersita tersebut dapat Anda gunakan untuk hal lain. Dengan menggunakan jasa ekspedisi, Anda hanya perlu mengantar barang ke counter terdekat, dan selanjutnya pengiriman akan dilakukan oleh jasa ekspedisi.

Dari segi biaya, pengiriman dengan jasa ekspedisi juga akan lebih efisien. Mengirimkan satu baran atau banyak barang menghabiskan biaya yang sama jika pengiriman dilakukan sendiri. Namun dengan adanya jasa ekspedisi, biaya pengiriman barang bisa jauh ditekan.

  1. Jaminan Keamanan

Jasa ekspedisi adalah perusahaan yang memiliki produk berupa layanan pengiriman. Layanan tersebut biasanya juga dilengkapi dengan layanan asuransi, yang akan menjamin barang yang Anda kirim akan sampai di alamat tujuan dengan aman. Seandainya saja barang rusak atau hilang selama proses pengiriman, pemilik barang akan mendapat ganti rugi sesuai nilai barang.

  1. Posisi Barang Bisa Dicek

Kebanyakan perusahaan jasa ekspedisi telah dilengkapi dengan fitur tracking barang. Dengan fitur ini, pengirim atau penerima dapat memeriksa status barang, sehingga mereka bisa tahu barang yang dikirim sudah sampai mana.

Perbedaan Ekspedisi dan Logistik

Jasa ekspedisi adalah perusahaan yang sering dianggap mirip dengan logistik. Sebenarnya keduanya adalah jenis perusahaan yang memiliki layanan yang berbeda. Letak perbedaan logistik dengan ekspedisi adalah sebagai berikut:

Definisi

Dari segi definisi, ekspedisi adalah layanan pengiriman barang ke alamat tertentu. Sedangkan logistik tidak hanya terbatas pada pengiriman saja, melainkan juga pengadaan, penyediaan gudang, hingga menyimpan barang.

Layanan

Jasa ekspedisi adalah perusahaan yang berofuk pada layanan pengiriman berbagai jenis barang, baik yang dimiliki oleh perseorangan maupun perushaan. Sedangkan logistik  lebih fokus kepada pemenuhan kebutuhan konsumen skala besar yang bukan hanya soal kirim barang, tapi termasuk menyediakan armada untuk mengirim barang, gudang penyimpanan barang, sampai masalah manajemen bidang logistik yang dibutuhkan.

Tujuan Pengiriman

Jasa ekspedisi adalah perushaan yang fokus pada layanan pengiriman barang ke berbagai tujuan sesuai dengan permintaan pengirim. Bahkan dalam sehari, jasa ekspedisi bisa mengirimkan banyak barang ke ratusan alamat.

Sedangkan logistik  hanya mengantar ke lokasi dari satu konsumen saja sesuai peta distribusi produk konsumen tersebut. Konsumen dari jasa logistik biasanya adalah kalangan perusahaan yang ingin menyalurkan produk ke berbagai lokasi.

Jumlah Muatan

Dari segi jumlah muatan, jasa ekspedisi biasanya akan membawa muatan dalam jumlah kecil dan dibawa oleh kurir menggunakan berbagai jenis armada, seperti mobil van dan motor. Sedangkan logistik muatannya jauh lebih banyak bisa mencapai 10 ton sampai 50 ton, tentu armada yang dipakai lebih besar. Ada yang menggunakan truk, kapal laut, bahkan pesawat terbang.

Layanan

Dari segi layanan, jasa ekspedisi adalah jasa yang berfokus pada layanan pengiriman barang saja, tanpa ada tanpa menyediakan gudang, alat transportasi. Sedangkan logistik menyediakan layanan mulai dari pengiriman, gudang, alat transportasi, dan bahkan konsultasi mengenai manajemen logistik.

Fokus Konsumen

Jasa ekspedisi adalah perusahaan penyedia layanan pengiriman barang untuk berbagai kalangan termasuk perseorangan, yang biasanya disebut sebagai sistem pelayanan Business to Consumer. Sedangkan logistik berfokus pada konsumen berupa perusahaan kelas menengah hingga besar, yang disebut dengan sistem Business to Business.

Sumber : https://hot.liputan6.com/read/5121496/ekspedisi-adalah-pengiriman-barang-ketahui-manfaat-dan-bedanya-dengan-logistik?_gl=1*10fanln*_ga*Mjk2NDA1NDc1LjE2NDU4NDcyNDg.*_ga_32EZW1NHGX*MTY2ODIyNjc3NS4xNDAuMS4xNjY4MjI2ODk3LjU4LjAuMA..