Dukung Ekosistem Logistik Digital, Logol Rilis Aplikasi Logol PLB

Sabtu, 09 Apr 2022 08:39 WIB
SHARE

Jakarta – Pemerintah saat ini tengah meningkatkan pembangunan di berbagai sektor guna mendorong perbaikan sistem logistik nasional. Salah satunya dengan menghadirkan Pusat Logistik Berikat (PLB).

PLB saat ini terus melakukan terobosan agar dapat memenuhi kebutuhan para pelaku usaha dan diharapkan dapat mengurangi biaya logistik, transportasi, mendukung pertumbuhan industri domestik,meningkatkan investasi asing dan lokal, serta membantu mewujudkan mimpi Indonesia menjadi hub logistik nasional dan Asia Pasifik.

Sebagai salah satu leader platform digital logistik, Logol turut mendukung hadirnya PLB dengan menciptakan aplikasi digital Logol PLB yang bertujuan mengembangkan dan optimalisasi fasilitas Pusat Logistik Berikat (PLB) di Jakarta. Peluncuran aplikasi digital ini nantinya diharapkan dapat mendorong berbagai kemudahan yang ditawarkan melalui PLB.

Inovasi aplikasi digital Logol PLB ini tidak hanya memberikan efisiensi kepada pelanggan dari sisi waktu, mengingat waktu pemrosesan manual berkurang secara signifikan tetapi juga dapat dilakukan tanpa adanya kontak fisik atau tatap muka. Ini merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan terutama pada masa Pandemi COVID-19. Selain itu, melalui aplikasi ini, baik pengguna jasa dan pemangku kepentingan juga dapat mengetahui secara real time posisi Peti Kemas melalui GPS tracker.

“Logol ciptakan sistem aplikasi yang terintegrasi, untuk memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan baik kepada pengguna jasa serta pihak-pihak terkait proses PLB. Sistem aplikasi Logol PLB telah selesai dibangun dan hari ini (Jumat, 1 April 2022) telah sukses dilaksanakan uji coba untuk implementasi aplikasi ini di Terminal Petikemas PT. New Priok Container Terminal One (NPCT1),” ungkap Chief Commercial Officer Logol David Trisno dalam keterangan tertulis, Kamis (7/4/2022).

“Saat ini NPCT1, sebagai partner Logol, juga turut aktif memberikan dukungan positif di dalam pencapaian penting perkembangan proses aplikasi digital ‘Logol PLB’,” imbuhnya.

Logol mendukung setiap usaha pemerintah untuk meningkatkan daya saing logistik nasional melalui keberhasilan dalam membangun kemitraan, baik dengan pelanggan maupun dengan pemangku kepentingan. Logol juga berkomitmen memberikan layanan yang terbaik melalui teknologi digital yang prima untuk menciptakan sebuah ekosistem logistik yang lebih terintegrasi dan efisien.

Logol merupakan sebuah platform logistik antarnegara berbasis digital yang menghubungkan seluruh stakeholder di industri logistik, mulai dari pemilik kargo, perusahaan logistik, perusahaan pelayaran, lembaga keuangan dan asuransi, serta lembaga pemerintahan seperti pelabuhan dan bea cukai. Melalui teknologi dan digitalisasi, Logol terus berupaya menciptakan sebuah ekosistem logistik yang terintegrasi dan efisien.

Saat ini, Logol terhubung dengan pelabuhan-pelabuhan utama di Indonesia untuk melayani proses ekspor dan impor secara digital, termasuk pengurusan dokumen. Melalui platform digitalnya, Logol memungkinkan manufaktur, UMKM, dan pelaku bisnis untuk menjadwalkan dan memesan layanan melakukan proses pengiriman barang secara digital melalui jalur darat dan laut dari mana saja dan kapan saja.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-6020542/dukung-ekosistem-logistik-digital-logol-rilis-aplikasi-logol-plb?_ga=2.184408367.849950739.1649127095-1061283371.1645579311