Cegah Antrean Jelang Pembukaan Pelayaran, Kendaraan Diarahkan ke Kantong Parkir

Sabtu, 05 Mar 2022 09:46 WIB
SHARE

Banyuwangi – Meski pelayaran belum dibuka, sejumlah kendaraan sudah mulai masuk ke Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi, Kamis (3/3/2022). Ini karena sejumlah pengemudi ingin cepat menyeberang ke Bali setelah pelayanan penyeberangan kembali dibuka.
Untuk mengatasi antrean panjang kendaraan polisi bersama petugas pelabuhan menyiapkan 4 kantong parkir. Terutama untuk mengantisipasi membludaknya penyeberangan Jawa-Bali pasca-perayaan Nyepi.

Pantauan detikJatim di lapangan, sejumlah kendaraan sudah masuk ke area parkir kendaraan di Pelabuhan ASDP Ketapang. Kendaraan yang sudah masuk terutama kendaraan logistik.

Mereka rela menunggu pelayaran dibuka di area pelabuhan. Padahal, pembukaan pelayanan penyeberangan baru akan dilakukan Jumat (4/3/2022) pagi pukul 05.00 WIB.

“Kami sudah masukkan beberapa kendaraan yang sudah sampai di Banyuwangi yang akan menyeberang ke Bali. Kita masukkan ke kantong parkir dan areal pelabuhan juga,” ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Nasrun Pasaribu saat memantau Pelabuhan ASDP Ketapang.

Empat kantong parkir yang tersedia di antaranya di area parkir Pelabuhan, Terminal Sritanjung, area parkir PT KAI di Stasiun Ketapang, serta lahan ASDP di sebelah Selatan pelabuhan LCM.

“Rekayasa lalu lintas juga kami lakukan. Bila nanti membludak, akan kami alihkan jalur ke Pelabuhan melalui Jalur Lingkar Ketapang,” katanya.

Soal kondisi pelabuhan saat ini, kata Kapolresta Banyuwangi, masih terpantau sepi. Tidak ada kendaraan yang antre di sekitar pelabuhan.

Petugas kepolisian pun disiagakan menjelang pembukaan pelabuhan yang akan dilakukan pada pukul 05.00 WIB besok.

“Masyarakat sudah memahami adanya penutupan pelabuhan pada saat Nyepi. Jadi tidak ada antrean,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu sopir truk logistik Misbah mengaku sengaja datang lebih awal agar tidak terjebak antrean panjang saat pembukaan penyeberangan Pelabuhan Ketapang.

“Kami sudah tahu. Kebetulan memang jadwal berangkatnya hari ini. Jadi sampai di sini istirahat saja. Ini bawa es krim mau dikirim ke Bali,” katanya.

Sumber : https://www.detik.com/jatim/berita/d-5967311/cegah-antrean-jelang-pembukaan-pelayaran-kendaraan-diarahkan-ke-kantong-parkir